1. Tulislah gagasan-gagasan dasarnya!
· Makalah1:
Menciptakan alat penerjemah bahasa dalam komputer,di awali denga proses membuat pemenggalan suku pertama pada kata bahasa Indonesia dalam kasus ini menggunakan kasus pada huruf awal B.
· Makalah2:
Model pembelajaran E-Learning dengan media Web blog sebagai metode pembelajaran Paragraph-based writing.
2. Analisislah cara pengungkapan gagasannya!
· Pengungkapan gagasan disertai dengan penjelasan awal seperti; bagaimana dicetuskannya ide dari gagasan-gagasan dasar tersebut dengan faktor-faktor yang mendukung gagasan tersebut.
· Pengungkapan gagasan disampaikan dengan menggunakan asumsi-asumsi beserta dengan contoh-contoh keseharian yang dikaitkan dalam metode-metode yang menjelaskan gagasan tersebut.
1. Analisis Laporan
a) Penggunaan Bahasa
· Makalah1 : Penggunaan bahasa dalam makalah penelitian ini cukup jelas, gagasan-gagasan disetiap kalimatnya satu sama lain saling mendukung dan tidak ada kalimat yang rancu.
· Makalah2 : Penggunaan bahasa dalam makalah penelitian ini cukup jelas, kalimat yang digunakan mudah dimengerti dan saling mendukung satu sama lain. Gagasan-gagasan jelas diungkapkan dan dikaitkan dengan kenyataan sehari-hari.
b) Isi
1) Kelengkapan Pendahuluan
(a) Latar Belakang
· Makalah1 : Sejak komputer berhasil diciptakan orang, di kalangan pakar komputer timbul keinginan untuk menggunakannya sebagai alat penerjemah bahasa. Yang mereka namakan sebagai mesin penerjemah. Penelitian ini akan membahas pengenalan kata. Pengenalan kata berguna pada olah kata (word processing) di dalam komputer. Melalui kaidah, pengenalan kata ini dapat digunakan untuk memeriksa betul-tidaknya ejaan atau bahkan lebih jauh lagi sampai ke pemeriksaan betul-tidaknya tata bahasa.
Secara garis besar kelengkapan isi dari latar belakang sudah mencakup gagasan-gagasan yang ingin diutarakan dalam makalah penelitian tersebut.
· Makalah2 : Penelitian ini merupakan penelitian yang fokus terhadap penggunaan internet sebagai media pembelajaran. Istilah E-Learning sebagai model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi menjadi ide awal dari dilaksanakannya penelitiaan ini. Penggunaan web blog dipilih sebagai metode pada kegiatan pembelajaran Paragraph-based Writing.
Kelengkapan latar belakang dalam makalah ini cukup baik, gagasan-gagasan dasarnya dijelaskan dengan cukup jelas
(b) Masalah
· Makalah1 : Bagaimana pengenalan kata dapat berguna pada olah kata (word processing) di dalam komputer.
· Makalah2 : Bagaimanakah penggunaan web blog sebagai sebuah metode pembelajaran dan seefektif mana media web blog membantu perkuliahan mata kuliah Paragraph-based Writing.
(c) Tujuan
· Makalah1 : mendeskripsikan bagaimana pengenalan kata dan pengolahan kata di dalam komputer.
· Makalah2 : Mendeskripsikan bagaimana penggunaan web blog dan mengidentifikasi efektivitas penggunaan media tersebut sebagai sebuah metode pembelajaran mata kuliah Paragraph-based Writing.
2) Kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dengan bagian pendahuluan
· Makalah1 : pada bagian inti dan pendahuluan memiliki kesesuaian, gagasan-gagasan yang terkandung saling mendukung. Kalimat satu dengan yang lain berhubungan dan membentuk paragraph yang memiliki kesesuaian yang baik.
· Makalah2 : pada bagian inti dan pendahuluan pada makalah ini memiliki kesesuaian isi dengan gagasan yang terkandung saling melengkapi dan saling mendukung.
3) Kelengkapan dan kesesuaian bagian penutup dengan bagian pendahuluan dan bagian inti
(a) Rangkuman Hasil
· Makalah 1 : pada rangkuman hasil dijelaskan lebih rinci dan sesuai dengan apa yang diharapkan dari gagasan dalam pendahuluan dan inti.
· Makalah2 : pada rangkuman hasil penelitian ini, dijelaskan dengan penjelasan yang dapat menggambarkan bagaimana bentuk dari hasil penelitian tersebut, dan memiliki kesesuaian dari yang diharapkan pada penelitian ini. Penjelasan dari satu kalimat ke kalimat lain saling berhubungan dan mendukung.
(b) Kelengkapan dan kesesuaian dengan bagian inti Kesimpulan
· Makalah1 : pada kesimpulan penelitian ini dijelaskan dengan singkat dan cukup jelas. Penggunaan kata dan bahasanya cukup ringan sehingga dapat dengan mudah dimengerti inti dari kesimpulan pada penelitian tersebut.
· Makalah2 : Kesimpulan pada penelitian ini dijelaskan dengan point-point dengan penggambaran kesimpulan yang cukup jelas perpointnya. Hasil kesimpulanpun sesuai dengan bagian latar belakang dan bagian intinya.
(c) Saran
· Makalah1 : dalam makalah penelitian ini tidak dikemukakan saran-saran untuk penelitian ini.
· Makalah2 : Saran yang dikemukakan disesuaikan dengan kesimpulan yang telah di jabarkan. Saran dibuat perpoint, dijabarkan dengan kalimat yang saling mendukung dan cukup jelas untuk dimengerti.
c) Teknik Penulisan
1) Sistematika penulisan
· Makalah1:
Judul : Suatu Model Kaidah Pemenggalan Suku Pertama pada Kata Bahasa
Indonesia.
Sub judul : Kasus Pemenggalan Kata pada Huruf Awal B
Abstraksi : Berisi tentang garis besar inti dari makalah yang telah disusun,
seperti tujuannya, masalahnya, penyebaran penelitiannya, objek, serta kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.
I. PENDAHULUAN
Berisi mengenai Latar belakang dari judul makalah tersebut, menjelaskan bagaimana gagasan-gagasan dasar yang terkandung, serta faktor-faktor yang mendukung gagasan tersebut.
II. PEMENGGALAN SUKU KATA
II.1 Pemenggalan Suku Pertama pada Kata
II.2 Kaidah Pemenggalan Suku Pertama
III. PERCOBAAN
IV. HASIL PERCOBAAN
V. KESIMPULAN
REFERENSI
· Makalah2:
Judul : Penggunaan web blog sebagai media pembelajaran mata kuliah
Paragraph-Based Writing.
Sub judul : Penggunaan internet sebagai media pembelajaran
Abstraksi : Berisi tentang garis besar inti dari makalah yang telah disusun,
seperti tujuannya, masalahnya, penyebaran penelitiannya, objek, serta kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.
I. PENDAHULUAN
Berisi mengenai Latar belakang dari judul makalah tersebut, menjelaskan bagaimana gagasan-gagasan dasar yang terkandung, serta faktor-faktor yang mendukung gagasan tersebut.
1. Electronic Learning
2. Proses Menulis
3. Menulis melalui media blog
II. METODE PENELITIAN
III. HASIL DAN PEMBAHASAN
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA
2) Penulisan rujukan dan daftar pustaka
· Makalah1 : Penulisan referensi / rujukan pada makalah ini disesuaikan dengan gagasan yang ditulis dalam makalah dengan pemberian nomer-nomer yang mengurutkan gagasan yang terlebih dahulu dituliskan dalam makalah.
Salah satu daftar pustaka dari makalah:
Gagasan: NLP adalah salah satu bidang ilmu dalam computer science dan linguistic yang berkonsentrasi pada interaksi antara mesin dan bahasa alami manusia [1].
[1] Wikipedia, Natural Language Processing,
http://en.wikipedia.org/wiki/Natural_language_processing, 17 February 2010
Gagasan: Sedangkan IR adalah ilmu yang berkaitan dengan representasi, penyimpanan, pengelolaan, dan pengaksesan terhadap informasi [2].
[2] Baeza-Yates, R. and B, Ribiero-Neto, Modern Information Retrieval.
Addison-Weasley, New York
· Makalah2 : Penulisan daftar pustaka sesuai dengan aturan penulisan daftar
pustaka yang berlaku dalam tata Bahasa Indonesia.
Salah satu daftar pustaka dari makalah:
Alwasilah, A. Chaedar. 2000. Perpektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaingan Global. Andira: Bandung.
3) Penyajian Tabel dan Gambar
· Makalah1: Hanya ada penyajian tabel-tabel yang isinya penjelasan dari
kaidah bentuk kata, yang merupakan bahan penelitian makalah tersebut.
· Makalah2: Hanya ada penyajian gambar-gambar yang merupakan contoh-
contoh bentuk blog, yang merupakan inti dari bahan penelitian makalah tersebut.
2. Laporan Ilmiah
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang fokus terhadap penggunaan internet sebagai media pembelajaran. Istilah E-learning sebagai model pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi menjadi ide awal dari dilaksanakannya penelitian ini. Dari sekian model pembelajaran elektronik, penggunaan web blog dipilih sebagai metode pada kegiatan pembelajaran Paragraph-based Writing. Penelitian ini diajukan dengan didasarkan pada beberapa asumsi sehubungan dengan adanya kelemahan metode pembelajaran Paragraph-based Writing (PBW). Yang pertama, penelitian menawarkan sebuah metode pembelajaran untuk mata kuliah PBW dengan menggunakan web blog. Metode ini dipilih karena dianggap dapat mengatasi kekurangan (kelemahan) metode pengajaran PBW selama ini masih berkesan konvesional dan manual. Metode pembelajaran menggunakan web blog membantu mahasiswa dan dosen mengatasi kebosanan dalam pembelajaran karena mengaplikasikan teknologi internet yang lebih menarik daripada metode konvesional. Kedua, pemakaian web blog akan membantu mengurangi pemakaian kertas secara berlebihan. Mahasiswa tidak memerlukan kertas untuk mengumpulkan tugas menulis mereka, namun cukup menggugahnya di web blog mereka. Ketiga dan tidak kalah pentingnya adalah dengan menulis melalui media blog, menjadikan karya-karya mahasiswa untuk belajar mempublikasikan tulisan-tulisan mereka sehingga layak untuk dibaca.
2. Rumusan Masalah
Bagaimanakah penggunaan web blog sebagai sebuah metode pembelajaran dan seefektif mana media web blog membantu perkuliahan mata kuliah Paragraph-based Writing.
3. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan web blog dan mengidentifikasi efektivitas penggunaan media tersebut sebagai sebuah metode pembelajaran mata kuliah Paragraph-based Writing.
BAB II
METODE PENELITIAN
1. Obyek Penelitian
Obyek penelitian ini adalah 16 mahasiswa semester 3 jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Semarang tahun akademik 2010/2011 yang menempuh mata kuliah PBW.
2. Pengumpulan Data
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan instrument berupa 6 (enam) pertanyaan untuk mengukur efektivitas penggunaan web blog dan produk tulisan mahasiswa pada blog yang dianalisis berdasarkan teori Boardman, prewrite, analyze, write, revise dan rewrite.
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, diperoleh fakta bahwa sebagian besar mahasiswa sangat antusias dalam penggunaan web blog sebagai metode pembelajaran PBW, praktis, efektif, efisien dan menyenangkan. Sementara itu prosentase mahasiswa yang tinggi menunjukkan kecenderungan positif terhadap efektivitas media ini. Lebih lanjut, Penggunaan kertas berlebih dapat diatasi dengan media pengganti yang semula berupa tumpukan kertas menjadi penugasan yang diunggah melalui link blog mahasiswa.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
Melalui materi dan teori perkuliahan, koreksi intensif dan evaluasi yang intens dilakukan melalui media web blog, mampu melatih mahasiswa untuk menghasilkan karya tulisan yang lebih baik dari pada produk sebelumnya sehingga tulisan mereka menjadi layak dibaca oleh setiap pengguna internet yang mengakses blog mereka.
DAFTAR PUSTAKA
Margawati, Prayudias. Penggunaan Web Blog sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Paragraph-Based Writing. Diaz_lovebali@yahoo.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar